Pendampingan Pengajuan Permohonan Pendaftaran HAKI Tahun 2022

Senin, 1 Agustus 2022

Kepala Disperindagkop UKM, Ir. Arbudin, M.Si didampingi Sekretaris Disperindagkop UKM, Ir. Sri Rosmawati, M.Si menghadiri Kegiatan Pendampingan Pengajuan Permohonan Pendaftaran Kekayaan Intelektual Tahun Anggaran 2022 yang diadakan oleh Kanwil Kemenhumkam Prov.Kalbar di Basement Disperindagkop UKM Kabupaten Sintang.

Hadir pada kegiatan tersebut, Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM Dr. Harniati, S.H.LLM, Kabid Pelayanan Hukum Muhayan, S.H.M.H, Plt.Kasubbid Pelayanan Kekayaan Intelektual Henni Oktora, S.H beserta staf Sigit Parmono, S.E dan Ira Witri Dwijayanti, Kabid Perindustrian dr. Roby Hendra Gunawan Ronitua, Pengawas Koperasi Ahli Muda Antonius, S.E, M.AP, pelaku UMKM, pelaku seni, dan tokoh masyarakat Kabupaten Sintang.

Kepala Disperindagkop UKM, Ir. Arbudin, M.Si dalam sambutannya memandang pentingnya Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) dalam melindungi produk UMKM, sesuai dengan UU No. 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta. Maka, semua produk UMKM dan Seni wajib didaftarkan agar mendapat perlindungan hukum karena begitu besar manfaatnya bagi pelaku UMKM dan Seni itu sendiri. Pendaftaran dapat dilakukan perorangan maupun badan usaha.

Masih menurut Kepala Disperindagkop UKM, Ir. Arbudin, M.Si, Hak Kekayaan Intelektual sangat penting bagi pelaku UMKM dan pelaku seni didaftarkan ke Kemenhumkam agar produk UMKM dan Seni dapat melaporkan produk serupa yang diproduksi oleh orang lain kepada pihak berwajib, Kemenhumkam Prov.Kalbar, dan juga akan mendapatkan royalti dari produk yang dijiplak oleh orang lain.

Share this post